Sejarah Desa

Desa Makarti Jaya adalah Desa Eks Transmigrasi yang terbentuk pada Tahun 2002. Luas Desa sekitar 9,07 Km2. Desa Makarti Jaya masuk dala

Kantor Desa Makarti Jaya
Kantor Desa Makarti Jaya

m wilayah Kecamatan Taluditi dimana sebelah Utara berbatasan dengan Hutan milik Negara, Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Pancakarsa II, Sebelah Timur berbatasan dengan Desa Kalimas dan UPT Marisa VI, Sebelah Barat berbatasan dengan Hutan milik Negara. Topografi Desa Makarti Jaya sebagian besar adalah Dataran dan 30% adalah Pegunungan. UPT Marisa V terbagi menjadi 4 Dusun yakni Dusun I (Jayakarsa) yang saat itu di huni oleh masyarakat Transmigrasi dari Desa Pancakarsa II pada Tahun 1994 berjumlah 63 KK, Dusun II (Laonggo) di huni oleh masyarakat dari Sangihe Talaud pada tahun 1994 yang saat itu berjumlah 40 KK, sedangkan Dusun III (Makmur Jaya) dan Dusun IV (Rejo Mulyo) adalah mayarakat pindahan dari Desa Malango pada Tahun 1995 yang saat itu berjumlah 101 KK. Sebagian besar Penduduk memeluk agama Islam dengan jumlah tempat ibadah yaitu 1 buah Masjid, 4 buah Musholla dan 4 buah Gereja serta jumlah Suku sekitar 6 yakni Suku Jawa, Sangihe Talaud, Madura, Bali, Lombok dan Suku Gorontalo. Mata Pencaharian utama Masyarakat adalah Petani, yang mana petani tersebut di dominasi oleh petani Coklat dan Jagung. Luas Tanaman Coklat sampai saat ini sekitar kurang lebih 210 Ha dan Tanaman Jagung 50 Ha dengan jumlah Kelompok Tani yakni 15 Kelompok. Mata pencaharian lain yang di geluti oleh masyarakat adalah Pedagang (kios), dan meubel. Potensi sumber daya alam yang cukup baik menjadi sumber pendapatan dari masyarakat, dan sampai saat ini keharmonisan antar warga, pemeluk agama dan antar Suku serta hubungan antara Pemerintah Desa dan masyarakat berjalan sangat baik.

Sebelum menjadi Desa Definif, pada tahun 1994-2002 Desa ini masih berbentuk Unit Pemukiman Transmigrasi (UPT Marisa V) dengan penempatan penduduk sejumlah 204 KK. Untuk lebih meningkatkan kesejahteraan penduduk dan peningkatan sarana dan prasarana pada tahun 2002 beberapa tokoh masyarakat dan tokoh agama mengusulkan kepada Departemen Transmigrasi agar kiranya Status   UPT Marisa V diubah menjadi Desa Definitif, maka sejak tahun 2002 Oleh Departemen Transmigrasi Upt Marisa V secara resmi telah diserahkan ke Pemerintah Daerah dan UPT Marisa V berubah menjadi Desa Definitif yang diberi nama Makarti Jaya yang ambil dari dua kata “ Makarti ”. berarti = berkarya dan “ Jaya “ berarti = Kejayaan, jadi Makarti Jaya berarti berkarya untuk mencapai Kejayaan.

Sejarah Tokoh/Pemimpin sejak dari UPT Marisa V sampai desa definitif yang secara berurutan sebagai berikut:

  1. Bapak Bonde, SE (KUPT)          : tahun 1994 s/d 1995
  2. Bapak Abdul Wahid Hiola (KUPT) : tahun 1996 s/d 2002
  3. Bapak Budi Sunyoto ( Kades ) : tahun 2002 s/d 2005
  4. Bapak Jonathan Karel (Kades)                         : tahun 2005 s/d 2011
  5. Bapak Suharto (Kades)                                 : tahun 2011 s/d sekarang
Facebook Comments