KUNJUNGAN STAF BURUNG BELANDA (VOGELBESCHERMING NEDERLAND) KE DESA MAKARTI JAYA


Desa Makarti Jaya merupakan  salah satu Desa binaan LSM Burung Indonesia . Sebagaimana kita ketahui bersama Burung Indonesia ini bergerak dibidang Restorasi Ekosistem. Selain memperbaiki hutan yang ada di sekitar Desa  Makarti Jaya , Burung Indonesia juga membantu Sosial Ekonomi Masyarakat sekitar hutan. Salah satu Programnya adalah membantu peningkatan Produktifitas Kakao dengan cara mendatangkan Cacao Doktor  dari Sulawesi Barat untuk ditempatkan di Desa Makarti Jaya. Tugasnya Cacao Doktor tersebut adalah membantu  kelompok Tani yang ada di Desa Makarti Jaya mulai dari Budi Daya Tanaman Kakao sampai dengan Pemasaran Bersama.  Alkhamdulillah berkat binaan Burung Indonesia  kelompok Tani Mandiri ( salah satu Kelompok yang dibina) sudah melakukan pemasaran bersama sebanyak 4 Kali  ke Koperasi Amanah Sulawesi Barat. Ke Depan Burung Indonesia akan mengarahkan / mengusahakan sertifikasi Kakao yang ada di Desa Makarti Jaya sehingga harga Kakao akan lebih tinggi dibandingkan dengan saat ini.

LSM Burung Indonesia mempunyai Mitra Kerja diluar Negeri, diantaranya Negara Belanda dan terutama Negara Jerman yang pada saat ini merupakan satu – satunya Negara yang membantu Indonesia membiayai kegiatan dibidang restorasi ekosistem yang berada di Propinsi Gorontalo Khususnya yang ada di Desa Makarti Jaya dan sekitarnya.

Pada hari ini  Desa Makarti Jaya mendapat kunjungan dari Mitra Burung Indonesia dari Belanda (Vogelbescherming Nederland). Staf Burung Belanda  yang datang ke Desa Makarti Jaya adalah bernama Mr. Hans Peeter dan Istri. Beliau adalah Kepala Editor Majalah Burung Belanda. Adapun tujuan kedatangan beliau  adalah :

  1. untuk melihat lebih dekat kegiatan LSM Burung Indonesia di Desa Makarti Jaya khususnya dan Umumnya di Kabupaten Pohuwato dan Boalemo.
  2. Melihat keanekaragaman Burung yang ada di Hutan Makarti Jaya dan sekitarnya.
  3. Bertatap Muka dengan para Petani Desa Makarti Jaya.

Sore ini Mr. Hans Peeters bersama Istri bertolak ke Desa Puncak Jaya Kecamatan Taluditi  setelah seharian melihat keanekaragaman burung yang ada di hutan Desa Makarti Jaya. Beliau berdua ke Desa Puncak Jaya dalam rangka melakukan kegiatan yang sama seperti di Desa Makarti Jaya. Besok Pagi setelah bertatap muka dengan Masyarakat Desa Puncak Jaya, Beliau akan melanjutkan perjalanannya ke  Kecamatan Dengilo Kabupaten Pohuwato, juga akan melakukan kegiatan yang sama.

 

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan