Pelatihan Pembuatan Pupuk Cair Organik dari Urine Ternak

Tim KKN-PPM UGM Tahun 2017 bersama-sama dengan warga Makarti Jaya membuat pupuk cair dengan bahan utama urine ternak baik sapi maupun kambing. Pelatihan ini dilaksanakan pagi hari bertempat di pekarangan belakang rumah Bapak Tekad Budiono di dusun Makmur Jaya pada tanggal 11 Juli 2017. Pelatihan ini dihadiri beberapa warga yang memiliki ternak khususnya ternak sapi dan kambing. Pelatihan ini dilakukan dengan cara praktek langsung bersama warga dalam pembuatan pupuk cair organik dari urine ternak. Sebelum praktek langsung pembuatan pupuk cair organik dari urine ternak, pemberi materi yang terdiri dari empat mahasiswa KKN UGM memberikan beberapa materi mengenai manajemen tentang pemberian pakan kepada ternak. Materi yang diberikan berupa pengenalan jenis pakan yang memiliki nilai nutrisi lebih, perlakuan pakan sebelum diberikan ke ternak dan pengenalan beberapa penyakit yang disebabkan oleh pakan serta penanganannya.

Diskusi antara mahasiswa dengan para peternak dilakukan setelah pemberian materi. Diskusi berjalan santai dan banyak pertanyaan yang disampaikan kepada mahasiwa pemateri. Setelah diskusi selesai, praktek pembuatan pupuk cair dari urine ternak dilakukan bersama-sama. Para petani terlihat antusias dengan materi  yang dibawakan.

Menurut penjelasan dari salah satu koorinator mahasiswa, pelatihan pembuatan pupuk cair dari urine ternak penting dilakukan di desa ini. Adapun tujuan dari pelatihan ini selain memanfaatkan limbah peternakan berupa urine ternak, yaitu untuk mengurangi ketergantungan para petani dalam penggunaan pupuk kimia yang memiliki efek negatif bagi tanah dalam jangka panjang. Pupuk cair organik dari urine ternak apabila diaplikasikan ke lahan akan memberikan manfaat yang baik bagi tanaman dan tanah untuk jangka panjang.

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan