NANYANG TECHNOLOGICAL UNIVERSITY (NTU) SINGAPORE

 

Desa Makarti Jaya merupakan  salah satu Desa binaan LSM Burung Indonesia . Sebagaimana kita ketahui bersama Burung Indonesia ini bergerak dibidang Restorasi Ekosistem. Selain memperbaiki hutan yang ada di sekitar Desa  Makarti Jaya , Burung Indonesia juga membantu Sosial Ekonomi Masyarakat sekitar hutan. Salah satu Programnya adalah membantu peningkatan Produktifitas Kakao dengan cara mendatangkan Cacao Doktor  dari Sulawesi Barat untuk ditempatkan di Desa Makarti Jaya. Tugasnya Cacao Doktor tersebut adalah membantu  kelompok Tani yang ada di Desa Makarti Jaya mulai dari Budi Daya Tanaman Kakao sampai dengan Pemasaran Bersama.  Alkhamdulillah berkat binaan Burung Indonesia  kelompok Tani Mandiri ( salah satu Kelompok yang dibina) sudah melakukan pemasaran bersama sebanyak 4 Kali  ke Koperasi Amanah Sulawesi Barat. Ke Depan Burung Indonesia akan mengarahkan / mengusahakan sertifikasi Kakao yang ada di desa Makarti Jaya sehingga harga Kakao akan lebih tinggi dibandingkan dengan saat ini.

Melalui Burung Indonesia juga Desa Makarti  Jaya mulai dikenal  oleh Negara tetangga., Salah Satunya adalah Singapore. Pada hari ini Jum,at 5 Mei 2017 Desa Makarti Jaya kedatangan Tamu adik – adik Mahasiswa dari Nanyang Tehnological University (NTU) Singapore. Ada Dua Orang yang datang yaitu Nocolas Ang dan Jia Min. Dua Orang tersebut merupakan perwakilan dari 16 Mahasiswa yang  menurut rencana pada Tanggal 1 Juni akan melakukan Praktek lapangan atau Kuliah Kerja Nyata sambil belajar budi daya Kakao, Peternakan dan Lingkungan Hidup terutama akan melakukan penelitian Flora dan Fauna yang ada di Hutan Desa Makarti Jaya. Ke 16 Mahasiswa yang akan diturunkan di Desa Makarti Jaya pada Tanggal 1 s/d 11 Juni 2017 tersebut adalah Mahasiswa Jurusan Sains Lingkungan  Nanyang Technological Universiity (NTU) Singapore. Jadi kedua Adik Mahasiswa tersebut pada hari ini melakukan Survey kaitan rencana dimaksud.

  Pada hari ini kedua Mahasiswa tersebut survey Lapangan mulai  survey tempat penginapan dirumah – rumah Penduduk, melihat  Aktifitas Petani kakao, Para Peternak yang ada di Desa Makarti Jaya . Tak lupa pula kedua Mahasiswa  yang didampingi oleh Tiem dari Burung Indonesia  menyempatkan ke Hutan Pinggiran Desa sekedar melihat Hutan Desa yang masih Asri. Menurut rencana Besok hari, sabtu 6 Mei 2017 kedua Adik Mahasiswa tersebut akan bertolak ke Singapore.

 

 

 

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan