Makarti Jaya Siaga Banjir

Makarti Jaya (04/05/2016)-Hujan lebat yang mengguyur Desa Makarti Jaya sejak pukul 15.00 Wita hingga jam 16.30 Wita menyebabkan sungai taluditi banjir hinga meluap di pekarangan warga. Banjir ini menyebabkan aktifitas masyarakat lumpuh total.

Banjir kali ini merupakan yang pertamadi tahun 2017 ini. Biasanya banjir bisa terjadi sampai 2 atau 3 kali dalam setahun. Seperti yang terjadi di tahun 2016 lalu, pada bulan yang sama yakni bulan mei tahun berjalan terjadi banjir. Namun banjir kali ini lebih besar debit airnya dari pada tahun-tahun sebelumnya.

Dampak yang nyata di alami oleh warga yang tinggal di sekitar bantaran sungai taluditi. Dimana jarak antara rumah dan bibir sungai tinggal kurng lebih 20 meter. Dan dikhawatirkan jika cuaca terus memburuk maka erosi sungai akan terus terjadi dan jarak rumah warga dengan bibir sungai semakin dekat sehingga membahayakan keselamatan masyarakat itu sendiri.

Pada tahun 2017 ini sebenarnya Desa Makarti Jaya mendapatkan bantuan pembangunan Bronjong di bibir sungai taluditi tersebut, namun hingga saat ini pengerjaannya masih sementara berlangsung. Sehingga pada saat banjir kali ini air sungai masih meluap ke pemukiman warga (oleh:Catur)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan