Baliho APBDesa Wujud Transparansi Anggaran Pemerintah Desa

Baliho APBDesa Makarti Jaya (Foto:Catur)
Baliho APBDesa Makarti Jaya (Foto:Catur)

Makarti Jaya (03-05-2017) Demi mewujudkan Transparansi Anggaran, Pemerintah Desa Makarti Jaya mencetak Baliho yang berisi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Makarti Jaya Tahun 2017. Hal ini nampak dengan dipasangnya Baliho oleh Sekertaris Desa dan beberapa Aparatur Desa di halaman Kantor Desa dan di salah satu sudut jalan desa pada hari senin tanggal 2 mei 2017 kemarin.

Catur Bayu Aji (Sekdes) menegaskan bahwa dalam UU Desa, dan peraturan terkait lainnya dengan tegas menyebutkan, bahwa Pengelolaan Keuangan Desa harus dilakukan secara Transpran, Akuntabel, Partisipatif, dan Tertib dan Disiplin Anggaran.

Makna transparan dalam pengelolaan keuangan desa yakni pengelolaan uang tidak secara tersembunyi atau dirahasiakan dari masyarakat, dan sesuai dengan kaedah-kaedah hukum atau peraturan yang berlaku.

Dengan adanya transparansi, semua uang desa dapat diketahui dan diawasi oleh pihak lain yang berwenang. Mengapa azas transparansi penting, agar semua uang desa memenuhi hak masyarakat dan menghindari konflik dalam masyarakat desa.

Aparat Desa Sedang Bekerja Bakti Memasang Baliho APBDesa (Foto:Catur)
Pemasangan Baliho APBDesa oleh Aparat Desa Makarti Jaya (Foto:Catur)

“Dengan adanya keterbukaan informasi tentang pengelolaan keuangan desa, pemerintah desa akan mendapatkan legitimasi masyarakat dan kepercayaan publik” tegasnya.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan