Pembangunan Bronjong Sungai Taluditi

Desa Makarti Jaya berada diantara  dua Daerah Aliran Sungai (DAS) yaitu Daerah aliran sungai Taluditi dan daerah aliran sungai Bimbine. Dilihat dari keberadaannya sudah jelas Desa Makarti Jaya selalu mendapat ancaman bahaya banjir dari dua sungai tersebut. Setiap Tahun Lahan Pekarangan dan Lahan Usaha milik Warga Makarti Jaya  terutama yang berada di pinggiran aliran sungai Taluditi dan sungai Bimbine selalu berkurang terkena Abrasi. Ancaman yang paling serius terutama terletak di Dusun Laonggo dan Dusun Mekarsari. Di wilayah tersebut    Pekarangan Warga yang tadinya Mempunyai Panjang 50 Meter , sekarang rata – rata tinggal  8 s/d 40 meter bahkan ada juga lahan Usaha dan lahan pekarangan yang sudah habis terbawa banjir sungai tersebut.

Pada Tahun ini  Desa Makarti Jaya  mendapat bantuan Pembangunan Bronjong  Sungai Taluditi sepanjang 300 Meter dari Pemerintah Pusat melalui Dana Tanggap Bencana. Alkhamdulillah pelaksanaannnya dimulai pada Dua hari yang lalu. Walaupun bantuan tersebut masih jauh dari harapan Masyarakat, namum Pememerintah Desa Makarti Jaya  sangat berterimakasih kepada Pemerintah Pusat yang telah membantu Pembangunan tersebut.

Kalau dilihat di Dokumen RPJMDes, Desa Makarti Jaya membutuhkan Pembangunan Bronjong sepanjang 3000 Meter, alkhamdulillah pada hari ini pemerintah Pusat sudah membantu 300 Meter. Desa Makarti Jaya  masih membutuhkan 2.700 Meter Lagi. Melalui berita ini Kami Pemerintah Desa Makarti Jaya memohon dengan hormat  kepada Pemerintah Pusat agar kiranya dapat membantu  kelanjutan Pembangunan Bronjong dimaksud baik melalui Dana Tanggap Bencana maupun melalui Anggaran Kementrian terkait.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan