MAKARTI JAYA KAMPUNG KAKAO

kakaoMakarti Jaya (26/11/2016)-Desa Makarti Jaya kini dikenal dengan sebutan Kampung Kakao. Hal ini, dikarenakan kakao adalah salah satu Potensi terbesar yang ada di Desa Makarti Jaya. Berdasarkan data Potensi Desa, tanaman kakao yang ada di Desa Makarti Jaya berjumlah 70% dari total lahan pertanian yang ada. Tanaman kakao ini di tanam oleh masyarakat makarti jaya sejak tahun 1998.

Awal mulanya, masyarakat Desa Makarti Jaya bertani tanaman musiman, seperti kedelai dan jagung. Namun karena melihat prospek kedepan kakao yang sangat bagus, maka masyarakat mulai menanam kakao yang merupakan tanaman tahunan. Dengan begitu masyarakat tidak perlu lagi menanam tanaman setiap musimnya, namun hanya tinggal merawat dan menikmati hasilnya.

kakaooPada saat ini, pertanian kakao Desa Makarti Jaya mengalami peningkatan, baik dari segi perawatan maupun kualitas hasil panen. Hal ini dikarenakan, adanya pendampingan-pendampingan baik yang dilakukan oleh SKPD terkait yang mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Pohuwato, UGM, UNG maupun oleh lembaga non pemerintah yakni Burung Indonesia. Dengan adanya pendampingan ini, para petani kakao mendapatkan ilmu yang lebih guna peningkatan kualitas hasil produksi tanaman kakaonya.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan